Sejarah

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PALANGKARAYA

Latar Belakang

Secara historis, Program Studi Pendidikan Biologi pada Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Palangka Raya, berawal dari program D3 kelas jauh IKIP Malang di Universitas Palangka Raya berdiri pada tahun 1985. Berdirinya Program Studi Pendidikan Biologi diawali dengan adanya keperluan tenaga guru di wilayah Kalimantan Tengah.

Dengan bantuan dana dan kerjasama dengan Pemerintah daerah, beberapa lulusan yang dihasilkan langsung diangkat sebagai tenaga guru melalui ikatan dinas untuk memenuhi kekurangan tenaga guru yang ditempatkan di wilayah Kalimantan Tengah dan bahkan ada yang menjadi dosen pada prodi pendidikan Biologi. Program D3 berlangsung selama ±4 tahun, selanjutnya program D-3 kelas jauh ditingkatkan menjadi Program S1 Pendidikan biologi dan mulai berdiri pada tahun 1989 dengan ijin pendirian Program studi No 38/dikti/Kep/1989. Sejak tahun 1989 hingga sekarang pendidikan Biologi telah mencetak lulusan D3 dan sarjana (S1)  pendidikan Biologi yang bekerja di Wilayah dan Kalimantan Tengah dan di luar Kalimantan.

Selama ini program studi pendidikan Biologi berkembang dan menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan kurikulum dalam upaya untuk mewujudkan guru biologi yang profesional dan berorientasi pada kebutuhan pasar. Program S1 pendidikan Biologi bernaung dibawah FKIP Universitas Palangka Raya, yang merupakan lembaga pencetak tenaga guru dan dosen. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat di era global ini, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang terdidik, terlatih, berkualitas, terarnpil dan menguasai ilrnu pengetahuan serta teknologi.Sejak tahun

2009 Program Studi Pendidikan Biologi Telah Membuka Program Magister (S2) Pendidikan Biologi yang bernaung pada program Pascasarjana Universitas Palangkaraya. Program Sarjana (S1) dan Magister (S2) Pendidikan Biologi memiliki tenaga pengajar yang kompeten secara akademik dan profesional di bidang pendidikan biologi, yang didukung oleh para pengajar yang berkualifikasi Guru Besar (Profesor) dan Doktor (S3) di bidang pendidikan biologi.